Rabu, 09 Mei 2018

Personal Branding dan Kekuatan Media Sosial



Pada akhir Bulan April kemarin, Komunitas Perempuan BPS Menulis menyelenggarakan seminar di grup Whatsapp tentang personal branding yang menghadirkan DR. Rully Nasrullah, M.Si (Kang Arul). Seminar ini bertujuan untuk membantu insan BPS bagaimana membranding BPS sebagai penyedia data statistik terpercaya untuk semua.
BPS yaaa, Badan Pusat Statistik. Tidak sedikit orang ketika disebutkan BPS, tahunya BPJS. Disebutkan kantor statistik nangkapnya kantor listrik. Nah, dari sini jadi ketahuan kaaan kalau BPS kurang dikenal, padahal setiap sepuluh tahun BPS melakukan 3 kali sensus, belum lagi survei-surveinya yang banyaknya minta ampun dan tanpa jeda.
Menurut Kang Arul, sang dosen gahul, branding dan positioning itu adalah
(1) bukan apa yang kita katakan,
(2) namun yang dikatakan orang lain,
(3) muncul karena adanya ikatan emosional, dan
(4) kesan utama dan pertama ketika bersentuhan  dengan produk.
Branding dan positioning dalam dunia digital yang bisa dimanfaatkan oleh temen-temen ASN di sini, baik untuk tujuan meningkatkan sentimen lembaga atau untuk manfaat lainnya seperti untuk bisnis online.
Sebaik apapun ASN kalau pelayanan kepada warga, atau saat di lapangan  misalnya kemampuan public speakingnya bermasalah, maka kesan yang muncul itu bukan per individu, tetapi per lembaga.
Padahal dalam digital branding dan positioning, menulis itu penting sekali. Bisa membantu branding BPS. Insan BPS harus menjadi agen dalam menyebarluaskan data-data dan kegiatan BPS ke masyarakat luas. Kata Kang Arul, yang kebetulan AS juga, ini gak bisa bicara tupoksi ASN. Ini gak bisa juga bicara tentang tukin atau remunerasi. Ini gak bisa dijalanin oleh ASN yang mentalnya sebagai finger print. Ini hanya bisa dilakukan oleh ASN yang penuh dedikasi, yang mau memberikan manfaat lebih luas tidak hanya untuk BPS namun juga untuk masyarakat umum.
Seminarnya sih panjang banget, tapi intinya disitu. Bagaimana kita sebagai ASN BPS untuk turut serta  menyebarluaskan data dan informasi tentang BPS. Daaaaaan sebagai ASN yang membawa nama besar BPS juga kita wajib untuk mengupgrade diri agar bisa “menjual” data BPS kepada konsumen data.
#PerempuanBPSMenulis
#MenulisAsyikDanBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#96 Kemiskinan dan Harga Diri

Tidak ada seorang pun yang ingin dilahirkan dalam kondisi miskin atau dari keluarga/negara miskin. Pun ketika kemiskinan tersebut dirend...